DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBER HEAD TOGETHER DAN SCRAMBLE UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:IHDA MAGFIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar di kelas V SDN Tamban Muara 1 Barito Kuala. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang hanya berjalan satu arah, pembelajaran yang monoton, kurang menarik, siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan belum adanya penerapan model pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa ini maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Number Head Together dan Scramble. Tujuan dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tamban Muara 1 Barito Kuala tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran hasil belajar berupa tes tertulis siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor 30-36 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 80% dengan kategori “Sangat  Aktif” dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 80% siswa mendapat nilai 70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari skor 27 hingga 36. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari 25% hingga 87,50%. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari 56,25% hingga 93,75%. Hasil belajar aspek afektif siswa pada pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari 43,75% hingga 93,75%. Hasil belajar aspek psikomotorik dari pertemuan I sampai pertemuan IV meningkat dari 43,75% hingga 93,75%.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Group Investigation, Number Head Together dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga hipotesis dapat diterima. Hasil yang didapatkan peneliti dapat dijadikan sebagai alternatif pemilihan dan penggunaan model pembelajaran untuk muatan IPS tema 8 Lingkungan Sahabat Kita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI