DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)
PENGARANG:HELVIANA HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


Abstrak: Perangkat pembelajaran yang sesuai diperlukan agar pembelajaran daring dapat menjadikan siswa sebagai subjek belajar. RPP daring dan LKPD daring dengan model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran daring yang masih berpusat pada guru karena pembelajaran dengan model PBL akan menjadikan permasalahan sebagai titik awal siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya melalui pengalaman belajar. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran daring berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pembelajaran daring dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) daring dengan model PBL pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahapan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini meliputi define, design, dan development. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diisi tiga validator sehingga didapatkan saran-saran validator sebagai data kualitatif dan skor kevalidan sebagai data kuantitatif. Data kualitatif digunakan sebagai bahan revisi produk sedangkan data kuantitatif dianalis menggunakan metode yang dikemukakan Hobri (Supriyono dkk, 2014). Berdasarkan analisis data didapatkan skor rata-rata kevalidan RPP daring sebesar 3,53 dan LKPD daring sebesar 3,32. Berdasarkan skor tersebut didapatkan hasil penelitian ini adalah RPP daring dengan kriteria sangat valid dan LKPD daring dengan kriteria valid.

Kata Kunci: pembelajaran daring, RPP daring, LKPD daring, PBL, SPLTV. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI