DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN CERPEN DI KELAS XI IPS 3 SMAN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:Dian Rachmad
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses interaksi pendidik dan peserta didik pada pembelajaran cerpen di kelas XI IPS 3 SMAN 5 Banjarmasin; (2) Dampak interaksi tersebut terhadap kualitas pembelajaran cerpen di kelas XI IPS 3 SMAN 5 Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan sebagai objek penelitian berupa interaksi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran cerpen. Sumber data ialah 34 peserta didik dari SMAN 5 Banjarmasin dari kelas XI IPS 3.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan interaksi pendidik dan peserta didik : (1) mengatur kelas; (2) menjelaskan materi pelajaran; (3) mengajukan pertanyaan; (4) memberikan latihan; (5) memberikan tugas pada peserta didik; (6) diskusi kelompok dan presentasi; (7) membuat simpulan pembelajaran; (8) mengulang materi pembelajaran; (9) memeriksa hasil kerja peserta didik; (10) memberi nilai; (11) menjawab pertanyaan pemdidik; (12) mengerjakan soal latihan di kelas; (13) mengerjakan tugas kelompok; (14) bertanya pada pendidik; (15) diskusi kelompok; (16) ketika peserta didik ribut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak interaksi tersebut menumbuhkan keaktifan dan kreativitas peserta didik terlihat ketika proses tanya-jawab dan hasil kerja peserta didik. Peserta didk terlihat pasif ketika pendidik meminta untuk bertanya hanya satu peserta didik yang bertanya. Selain itu, ada hal yang berdampak kurang baik pada proses pembelajaran cerpen yaitu penggunaan model pembelajaran NHT (Number Head Together). Model pembelajaran ini kurang tepat untuk menumbuhkembangkan keaktifan dan kreativitas peserta didik. Dengan demikian, interaksi yang terjadi pada pembelajaran cerpen kurang maksimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI