DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SOCIAL, GROUP INVESTIGATION DAN ROLE PLAYING MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA KELAS IV SDN HABIRAU
PENGARANG:MUHAMMAD RIZALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam

pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang mana hasil belajar

siswa kurang dari kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥70 di kelas IV SDN Habirau. Hal ini

disebabkan siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, kurang

antusias dalam mengemukakan pendapat, pembelajaran bersifat satu arah serta kurangnya

motivasi belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu

dengan menggunakan kombinasi model Inquiry Social, Group Investigation, dan Role

Playing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas

siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan

Kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,

pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan

adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap SDN Habirau tahun

pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang siswa terdiri dari 11 siswa laki?laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan

kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data

kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai

kriteria “Baik”, pertemuan II mencapai kriteria “Sangat Baik”, pertemuan III mencapai

kriteria “Sangat Baik”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa

pada pertemuan I mencapai kriteria “Kurang Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “Cukup

Aktif”, pertemuan III mencapai kriteria “Aktif” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat

Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 42%, pertemuan II

mencapai 53%, pertemuan III mencapai 75%, pertemuan IV 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Inquiry Social,

Group Investigation, dan Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

pada muatan IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Habirau

dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sabagai salah satu alternatif

untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar

siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI