DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SOCIAL, GROUP INVESTIGATION DAN ROLE PLAYING MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA KELAS IV SDN HABIRAU | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD RIZALDI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-09 |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang mana hasil belajar
siswa kurang dari kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥70 di kelas IV SDN Habirau. Hal ini
disebabkan siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, kurang
antusias dalam mengemukakan pendapat, pembelajaran bersifat satu arah serta kurangnya
motivasi belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu
dengan menggunakan kombinasi model Inquiry Social, Group Investigation, dan Role
Playing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas
siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan
adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap SDN Habirau tahun
pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang siswa terdiri dari 11 siswa laki?laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data
kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai
kriteria “Baik”, pertemuan II mencapai kriteria “Sangat Baik”, pertemuan III mencapai
kriteria “Sangat Baik”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa
pada pertemuan I mencapai kriteria “Kurang Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “Cukup
Aktif”, pertemuan III mencapai kriteria “Aktif” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat
Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 42%, pertemuan II
mencapai 53%, pertemuan III mencapai 75%, pertemuan IV 100%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Inquiry Social,
Group Investigation, dan Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
pada muatan IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Habirau
dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sabagai salah satu alternatif
untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar
siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI