DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE, INKUIRI TERBIMBING, DAN SNOWBALL THROWING MUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA KELAS V SDN HABIRAU
PENGARANG:MUHAMMAD SADIKINOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam 

pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang mana hasil belajar 

siswa kurang dari kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥ 70 di kelas V SDN Habirau. Hal ini 

disebabkan metode yang digunakan ceramah, pembelajaran satu arah, dan model yang 

digunakan kurang bervariasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar 

siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Word Square, Inkuiri Terbimbing, dan 

Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, 

aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan 

Kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, 

pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan 

adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap SDN Habirau tahun 

pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang siswa terdiri dari 6 siswa laki?laki dan 4 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan 

kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data 

kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 

kriteria “Baik”, pertemuan II mencapai kriteria “Baik”, pertemuan III mencapai kriteria 

“Sangat Baik”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada 

pertemuan I mencapai kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “Cukup Aktif”, 

pertemuan III mencapai kriteria “Aktif” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Aktif”. 

Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 40%, pertemuan II 

mencapai 60%, pertemuan III mencapai 70%, pertemuan IV 90%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Word Square, 

Inkuiri Terbimbing, dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar 

siswa pada muatan IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan pada siswa kelas V SDN Habirau 

dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sabagai salah satu alternatif 

untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar 

siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI