DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE, INKUIRI TERBIMBING, DAN SNOWBALL THROWING MUATAN IPS TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA KELAS V SDN HABIRAU | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD SADIKINOOR | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-09 |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang mana hasil belajar
siswa kurang dari kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥ 70 di kelas V SDN Habirau. Hal ini
disebabkan metode yang digunakan ceramah, pembelajaran satu arah, dan model yang
digunakan kurang bervariasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Word Square, Inkuiri Terbimbing, dan
Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan
Kelas (PTK), yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan
adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap SDN Habirau tahun
pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang siswa terdiri dari 6 siswa laki?laki dan 4 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data
kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai
kriteria “Baik”, pertemuan II mencapai kriteria “Baik”, pertemuan III mencapai kriteria
“Sangat Baik”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada
pertemuan I mencapai kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “Cukup Aktif”,
pertemuan III mencapai kriteria “Aktif” dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Aktif”.
Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 40%, pertemuan II
mencapai 60%, pertemuan III mencapai 70%, pertemuan IV 90%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Word Square,
Inkuiri Terbimbing, dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada muatan IPS Tema Peristiwa Dalam Kehidupan pada siswa kelas V SDN Habirau
dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sabagai salah satu alternatif
untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar
siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI