DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION AND INTELECTUALLY KOMBINASI DENGAN COURSE REVIEW HORAY DAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:PUTRI DWITA ANWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


 

Anwar, Putri D. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually Kombinasi Dengan Course Review Horay dan Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci:

 

Hasil belajar, Aktifitas belajar, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually, Course Review Horay.

 

 

 

            Permasalahan penelitian ini adalah suasana pembelajaran terkesan membosankan, siswa tidak terampil dalam berpikir ilmiah dan kritis, dan pembelajaran bersifat konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan melalui 4 kali pertemuan, terdiri dari tahapan perencaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskripsi analisis dan cross tabulasi yang dijabarkan dengan tabel, grafik interpretasi dengan persentase.

 

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:  (1) Terjadi peningkatan aktivitas guru dari pertemuan I dengan kriteria baik, pertemuan II dengan kriteria baik, pertemuan III dengan kriteria sangat baik, dan pertemuan IV dengan kriteria sangat baik; (2) Terjadi peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan I dengan persentase keaktifan secara klasikal 29%, pertemuan II 64%, pertemuan III 93%, dan pada pertemuan IV mencapai 100%; (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I aspek kognitif memperoleh 64%, aspek afektif 50%, aspek psikomotorik 43%. Pertemuan II aspek kognitif 71%, aspek afektif 86%, dan aspek psikomotorik 79%. Pertemuan III  aspek kognitif 100%, aspek afektif 100%, dan aspek psikomotorik 100%. Pertemuan IV aspek kognitif 100%, aspek afektif 100%, dan aspek psikomotorik 100%.

 

            Berdasarkan penelitian ini maka penggunaan kombinasi model Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually kombinasi dengan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menggunakan model pembelajaran guna meningkatkan aktivitas pembelajaran dan mutu pendidikan di sekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI