DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DISCOVERY LEARNING, PROBLEM SOLVING, DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN UTARA 1 BANJARMASIN
PENGARANG:DINA QAMARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


ABSTRAK

Qamariah, Dina. 2021. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Model Discovery Learning, Problem Solving, Dan Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Wahdah Refia Rafianti, S.Sn., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Keragaman Budaya, Discovery Learning, Problem Solving, Team Games Tournament (TGT).

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn, kurangnya penguasaan siswa terhadap muatan PPKn pada materi keragaman budaya pada siswa kelas IV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada dibawah KKM. Penyebab siswa kurang dilibatkan, model dan media kurang menarik dan pembelajaran yang berlangsung satu arah. Oleh karena itu, perlu diadakan inovasi pembelajaran menggunakan kombinasi model Discovery Learning, Problem Solving, dan Team Games Tournament (TGT) dengan tujuan mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn di kelasIV SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Kuin Utara 1 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif
diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan guru. Data kuantitatif diperoleh
melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu yaitu berupa data hasil belajar siswa. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 23 kriteria “Baik”, meningkat menjadi 31 kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 3. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 20% kriteria “Kurang Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 86,66% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 40% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 60%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model Discovery Learning, Problem Solving, dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru, kepala sekolah, dan peneliti untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan model pemebelajaran pada siswa kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI