DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN LABEL PICTORIAL HEALTH WARNING PADA PERILAKU PEROKOK DI FKIP ULM BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD BAHRIAN HILMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-09


ABSTRAK

Muhammad Bahrian Hilman, 2021. Peran Label Pictorial Health Warning Pada Perilaku Perokokdi FKIP ULM Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (II) Sigit Ruswinarsih.

 

Kata Kunci : Rokok, Persepsi, Perilaku

                               

Manusia memiliki aktifitas yang beragam. Di Antara banyak aktifitas yang di jalankan oleh manusia salah satunya adalah kebiasaan mengkonsumsi rokok. Kebiasaan merokok bagi masyarakat Indonesia masih sulit untuk dihilangkan, salah satu upaya untuk mengurangi kebiasan merekok adalah melalui label Pictorial health warning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi perokok terhadap label Pictorial Health Warning pada kemasan rokok (2) Mendeskripsikan perilaku perokok terhadap label Pictorial Health Warning pada kemasan rokok.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Telah dilaksanakan penelitian di FKIP ULM  Banjarmasin, serta telah dipilih sebanyak empat orang mahasiswa perokok sebagai informan yang di tentukan secara Purposive Sampling.    Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Persepsi perokok terhadap label Pictorial Health Warning pada kemasan rokok adalah (a)Persepsi terhadap teks peringatan, (b)Persepsi terhadap gambar peringatan (2) Perilaku perokok terhadap label Pictorial Health Warning pada kemasan rokok (a)Perilaku yang terpengaruh akan label Pictorial Health Warning (b)Perilaku yang tidak terpengaruh akan label Pictorial Health Warning.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada: (1) bagi para mahasiswa dan masyarakat pengguna rokok, mengurangi kebiasaan dari merokok dikarenakan tidak baik untuk kesehatan (2) bagi Pemerintah hendaknya membuat terobosan baru terkait gambar label Pictorial Health Warning pada kemasan rokok biar berfungsi lebih efektif dan juga membuat aturan ketat soal penjualannya agar generasi yang akan datang tidak mudah untuk mengkonsumsi rokok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI