DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA 7 MENGGUNAKAN MODEL GSM PADA SISWA KELAS V SDN DESA BARU 1 MATARAMAN
PENGARANG:AFWAN RIDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-10


Ridani, Afwan. 2021. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan IPS Tema 7 Menggunakan Model GSM  Pada Siswa Kelas V SDN Desa Baru 1 Mataraman. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing  Dr. Hj. Asniwati , S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas  , Hasil Belajar, Models Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI), Make a Match (MM).

 

Permasalahan penelitian ini disebabkan kurangnya interaksi dan kerja sama siswa dalam pembelajaran serta belum tersedianya pembelajaran menarik yang membuat aktif siswa dan menyenangkan bagi siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu menggunakan model GSM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model GSM.

Subjek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Desa Baru 1 Mataraman yang berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, motivasi dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Kegiatan ini berlangsung sebanyak 3 kali pertemuan, dengan hasil aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 26 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan III mencapai skor 35 dengan kriteria “sangat baik”. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 72,22% dengan kriteria “cukup aktif” dan pertemuan III 97,22% dengan kriteria “sangat aktif”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 50,00% dengan kriteria “cukup tinggi”  dan pertemuan III memperoleh 75,00% dengan kriteria “sangat tinggi". Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 70.00% siswa “tuntas” dan pertemuan III mencapai 100% siswa “tuntas”.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GSM dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi siswa yang dapat berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI