DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR SECARA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-D SMPN 24 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD NAZIB
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-10


Kemampuan pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran harus sungguh-sungguh. Perencanaan dan pelaksanaan yang baik akan menunjang hasil belajar peserta didik. Apalagi di masa pandemi Covid-19, pendidik harus memaksimalkan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tidak terkecuali dalam pembelajaran daring dengan materi Menulis Teks Prosedur. Teks prosedur merupakan teks yang berisi tujuan dan langkah-langkah yang harus diikuti agar suatu pekerjaan dapat dilakukan. Dalam pembelajaran ini, peserta didik harus memahami materi dengan baik agar mampu membuat teks prosedur yang baik dan benar walaupun pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode daring.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran Menulis Teks Prosedur secara daring pada peserta didik kelas VII-D SMPN 24 Banjarmasin. 

Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Hal tersebut karena peneliti menilai dan mendeksripsikan pembelajaran menulis teks prosedur secara daring yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Sumber data penelitian ini ialah satu pendidik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan 33 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu lembar penilaian RPP dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada aspek perencanaan, RPP memuat komponen-komponen pelaksanaan pembelajaran sehingga mendapatkan nilai rata-rata 88,33Pada aspek pelaksanaan, pendidik dapat melaksanakan proses pembelajaran dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup sehingga mendapatkan nilai rata-rata 73,91 dengan kategori baik. Pada aspek penilaian, pendidik dapat melakukan penilaian teks prosedur dan hasil penilaiannya menunjukkan bahwa peserta didik dapat dengan baik menulis teks prosedur karena sebanyak 30 (91%) peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM 70, 3 (9%) peserta didik masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Berdasarkan hasil tersebut, secara keseluruhan peserta didik kelas VII-D dalam Menulis Teks Prosedur mendapatkan nilai rata-rata 81,09 dengan kategori cukup baik dan berada di atas KKM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI