DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELJAR DALAM KETERAMPILAN MEMBACA CERITA FIKSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CIRC, GI, DAN WORD SQUARE SISWA KELAS 4 SDN PUNTIK TENGAH BARITO KUALA
PENGARANG:KHUSNUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-10


  • ABSTRAK

 

Khatimah, Khusnul. 2021 “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar  Dalam Keterampilan Membaca Cerita Fiksi Menggunakan Kombinasi Model CIRC, GI, dan Word Square  siswa Kelas 4 SDN Puntik Tengah Barito kuala.” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. Mahmuddin M.Pd.

 

Kata Kunci : Membaca, CIRC, GI, Word Square

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan dengan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam keterampilan membaca di kelas 4 SDN Puntik Tengah. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa terutama dalam keterampilan membaca cerit fiksi, dan hasil belajar siswa di kelas 4 SDN Puntik Tengah upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan yaitu dengan menggunakan kombinasi model CIRC, GI, dan Word Square.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dalam 1 siklus ada 2 pertemuan sehingga dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 SDN Puntik Tengah dengan jumlah siswa 33 orang, 21 orang siswi perempuan dan 12 orang siswa laki-laki. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data kualitatif diperoleh dari pengambilan observasi dari aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan tes akhir pada setiap kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan terlaksananya aktivitas guru dengan jumalh skor 16 poin  dengan kriteria baik pada pertemuan 1 dan pada pertemuan 4 memperoleh peningkatan dengan skor 23 poin dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal   45% dan pada pertemuan 4 memperoleh peningkatan yaitu memperoleh skor 91%. Hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 33% dan pada pertemuan 4 memperoleh ketuntasan klasikal 91%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model CIRC, GI, dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terutama dalam keterampilan membaca cerita fiksi. Peneliti menyarankan untuk menggunakan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang akan berdampak pada hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI