DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 9 MUATAN PPKn MENGGUNAKAN MODEL SEMANGAT PADA KELAS IV SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN
PENGARANG:SUCI RAHMANIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-10


ABSTRAK

Rahmaniah, Suci. 2021. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema 9 Muatan PPKn Menggunakan Model SEMANGAT Pada Kelas IV SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. M.Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas siswa, Hasil Belajar, Semangat

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn. Hal tersebut disebabkan pembelajaran hanya bersifat satu arah, penyampaian materi terlalu cepat serta waktu yang sempit. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Semangat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin semester II tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 16 orang siswa. Data Kualitatif diperoleh melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai 23 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa secara klasikalmencapai >82% dengan kriteria “Sangat Aktif” dan hasil belajar siswa mengalami ketuntasan secara klasikal >80% mendpatkan >70.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I memperoleh skor 23 dan pada siklus II mencapai skor 26 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II mencapai 87,5%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Semangat dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI