DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INSOS MAMA TATIK PADA KELAS VI SDN HAMBUKU HILIR KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MUSLIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-10


ABSTRAK

 

Muslim, 2021. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa  Pada  Muatan IPSMenggunakan Kombinasi Model Insos Mama Tatik  Pada Kelas VI SDN Hambuku Hilir Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd.

 

Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Inkuiri Sosial, Make A Match, Talking Stick.

 

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar IPS kelas VI SDN Hambuku Hilir disebabkan metode yang digunakan ceramah, pembelajaran satu arah, dan model yang digunakan kurang bervariasi, serta siswa kurang terlibat langsung dalam mengidentifikasi masalah.Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran INSOS MAMA TATIK (Inkuiri Sosial, Make a Match, Talking stick) terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VI SDN Hambuku Hilir.

Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatifdatanyadiperoleh melalui wawancara. Dari wawancara dengan wali kelas VI prestasi belajar mengalami penurunan tiap tahun. Adapun data tersebut yaitu pada tahun ajaran 2017/2018 banyak siswa delapan orang, persentasi tidak tuntas 50%, pada tahun ajaran 2018/2019 banyak siswa tujuh orang, persentasi tidak tuntas 57%, dan pada tahun ajaran 2019/2020 banyak siswa delapan orang, persentasi tidak tuntas 62,5%. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelasyang dilaksanakan dengan 2 siklus 4 kali pertemuan. Jumlah semua siswa di kelas VI sebanyak lima orang yang mana semuanya perempuan.

Hasil temuan penelitian di kelas VI SDN Hambuku Hilir menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan pertamadengan kriteria baik, sedangkan pertemuan terakhir meningkat dengan kriteria sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada pertemuan pertamamendapatkan kriteria kurang aktif dan meningkat pada pertemuan terakhir dengan kriteria yang sangat aktif. Untuk ketuntasan hasil belajar pada pertemuan pertama hanya dua orang siswa yang tuntasdari total jumlah semua siswa lima orang, pada pertemuan terakhirmeningkat signifikan semua siswa tuntas.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan dengan menggunakankombinasi model pembelajaran INSOS MAMA TATIK (Inkuiri Sosial, Make a Match, Talking stick)dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VI SDN Hambuku Hilir. Saran dari hasil penelitian ini, kombinasi model tersebutdapat digunakan guru sebagai alternatif pembelajaran di sekolah, dengan memperhatikan kondisi kelas disesuaikan dengan alternatif model pembelajaran yang diterapkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI