DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ADAPTASI MAHASISWA ASAL PAPUA DI BANJARMASIN
PENGARANG:LUSTHON MANUEL WARMASEN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-10


ABSTRAK

 

Lusthon M. Warmasen, 2021. Adaptasi Mahasiswa Asal Papua di Banjarmasin.SkripsiProgramStudiPendidikanSosiologiJurusanPendidikanIlmuPengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, UniversitasLambungMangkurat. Pembimbing(I) YuliApriati (II) CucuWidaty

KataKunci: Adaptasi,MahasiswaPapua,Interaksi

Adaptasi mahasiswa Papua di Banjarmasin merupakan tahap awal yang  perludilakukan oleh mahasiswa Papua agar mereka dapat menyesuaikan diri kedalamlingkunganmasyarakatyangberbedadengankehidupanmerekadiPapua.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mengetahuiadaptasiyangdilakukanolehmahasiswaPapuadiBanjarmasin(2)mengetahuifaktorpendukungdanpenghambatprosesadaptasimahasiswaPapuadiBanjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumberdata yang dipilih secara purposive sumpling yaitu mahasiswa PapuayangberstatussebagaimahasiswadiUniversitasLambungMangkuratdanUniversitas Politeknik Negeri Banjarmasin. Adapun kriterianya yaitu mahasiswayangsudah berkuliahatau tinggaldi Banjarmasin minimal selama1tahun lebih.

Hasil Penelitian ini menunjukkan Bahwa: (1) Proses adaptasi yang dilakukanoleh mahasiswa Papua ini terbagi kedalam beberapa proses: (a) Belajar bahasalokal. (b) Berteman dengan orang lokal. (c) Mengikuti organisasi. Ketiga prosesadaptasitersebutsalingterkaitdanmenjadiprosesmahasiswauntukmenyesuaikandiridenganlingkungansekitar.(2)Faktorpendukungdanpenghambat mahasiswa Papua di Banjarmasin terbagi kedalam beberapa faktor: (a)Faktor pendukung yaitu dengan motivasi yang dimilikioleh mahasiswa tersebut menjadi dorongan bagi mereka agar dapat berdaptasi,selain itu didukung oleh motivasi dari teman-teman orang Banjar yang menyebabkanmahasiswa Papuatersebutmampuuntukberadaptasi.(b)FaktorPenghambat yaitu beberapa mahasiswa Papua juga seringmengalami kendala dalam beradaptasi dikarenakan tidak adanya dorongan daridiri sendiri untuk dapat berbaur dangan masyarakat sekitar. Selain itu terdapatjuga stereotip yang diterima oleh mahsiswa Papua ini sehingga membuat merekaterkadangmenutup darimasyarakatsekitar dan jugateman di kampus.

Darihasilpenelitianini,mahasiswaPapuadiharapkanuntukmampumenempatkan diri mereka di tengah-tengah masyarakat serta lebih memudahkanmerekauntukberadaptasi denganlingkungan danjugalingkungan kampus.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI