DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:SARI PUNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-11


Puna, Sari. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Course Review Horay Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi S1 Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Faskultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPA tema Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN 1 Anjir Serapat Timur. Hal ini disebabkan pada proses pembelajaran masih bersifat monoton, model pembelajaran kurang bervariasi dan menarik, serta siswa tidak dilibatkan pada saat proses pembelajaran. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Course Review. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN 1 Anjir Serapat Timur tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas siswa dan guru data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan Teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabel dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 25 hingga 32. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 40% hingga 100% (klasikal). hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 40% hingga 90% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI