DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI NERACA PEMBAYARAN INTERNASIONAL UNTUK KELAS XI
PENGARANG:NAHDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-12


ABSTRAK

Nahdi, 2021. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI NERACA PEMBAYARAN INTERNASIONAL UNTUK KELAS XI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dengan model pembelajaran berbasis masalahpada materi neraca pembayaran internasional. Penelitian ini mengukur kelayakan dan pengaruh media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini adalah bentuk penelitian dan pengembangan dengan menggunakaan prosedur dari Borg and Gall. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni wawancara untuk data awal penelitian, validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan media pembelajaran dimulai dari (1)Research and information collecting (penelitian dan pengumpulan data) tahapan ini memperoleh hasil bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada materi neraca pembayran internasional, (2) Planning (perencanaan) yang memperoleh rencana untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis macromedia flash dengan model pembelajaran berbasis masalah , (3) Develop preliminary form of product (pengembangan draft produk) tahapan ini menghasilkan media pembelajaran berbasis macromedia flash, (4) Preliminary testing (uji coba lapangan awal) mendapatkan skor validasi ahli media sebesar 4,1 dengan kriteria valid dan praktisi 4,31 dengan kriteria sangat valid, (5) Main product revision (merevisi hasil uji coba) melakukan perbaikan pada kesalahan penulisan urutan materi, pendalaman materi, dan penambahan video pembelajaran, (6) Main field testing (uji coba lapangan) mendapatkan respon siswa skala kecil terhadap media pembelajaran dengan nilai 4,45 dengan kriteria sangat valid, (7) Operational product revision (penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan) melakukan penambahan kunci jawaban dan pembahasan pada menu latihan, (8) Operational field testing (uji pelaksanaan lapangan) menghasilkan skor respon siswa skala lebih besar dengan nilai kevalidan 4,23 pada kriteria sangat valid, (9) Final product revision (penyempurnaan produk akhir) melakukan revisi pada penomoran soal pada menu latihan sesuai komentar sebelumnya, dan (10) Dissemination and implementation (diseminasi dan implementasi) melakukan penyeberan media untuk digunakan. Secara keseluruhan media pembelajaran mendapatkan nilai 4,27 dengan kriteria sangat valid. Hasil uji T menunjukan nilai signifikansi (2-tailed) p= 0,002, < 0,05 yang berarti adanya perbedaan hasil pre-test dan post-test yang dipengaruhi oleh media pembelajaran.

Kata kunci : media pembelajaran, macromedia flash, pembelajaran berbasis masalah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI