DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU SAKU ELEKTRONIK EKONOMI BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENDAPATAN PER KAPITA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN
PENGARANG:IRMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-12


ABSTRAK

 

IRMAWATI, 2021. PENGEMBANGAN BUKU SAKU ELEKTRONIK EKONOMI BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI PENDAPATAN PER KAPITA UNTUK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Muhammad Rahmattullah M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku saku elektronik ekonomi berbasis flip pdf professional dengan model pembelajaran kontekstual pada materi pendapatan per kapita untuk kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan melalui validasi ahli materi dan ahli media. Prosedur yang digunakan untuk mengembangkan buku saku elektronik ini adalah menggunakan prosedur dari ADDIE. Langkah pengembangan meliputi analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (uji coba) dan evaluation. Hasil dari penelitian menunjukkan proses pegembangan buku saku dimulai dari a) analisis kurikulum, kebutuhan siswa, materi pembelajaran ekonomi dan merumuskan tujuan pembelajaran dan analisis masalah melalui wawancara b) perancangan buku saku elektronik dalam bentuk kerangka c) pembuatan buku saku, pempublisan, validasi dan revisi. Validasi ahli materi mendapatkan nilai rata-rata total 4,15 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil uji validasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata total 4,45 dengan kriteria sangat baik. Revisi media pembelajaran sesuai dengan saran dan komentar yang diberikan oleh masing-masing validator. Setelah dilakukan validasi dan revisi sesuai saran dan komentar tahap selanjutnya adalah uji coba. Pada tahap uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata total 4,47 dengan kriteria sangat baik dan pada uji coba kelompok besar terbatas memperoleh 4,52 dengan kriteria sangat baik yang dapat disimpulkan bahwa buku saku elektronik sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran setelah dilakukan evaluasi sesuai komentar pada tahap implementasi.

Kata Kunci: media pembelajaran, flip pdf professional, ADDIE

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI