DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN UPT PUSKESMAS SEI TATAS KECAMATAN PULAU PETAK KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:AINUN HABIBAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


ABSTRAK

Ainun Habibah. 1610411320002, 2016. Kualitas Pelayanan Kesehatan UPT 

Puskesmas Sei Tatas Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas Provinsi 

Kalimantan Tengah, Dibawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan.

Permasalahan pelayanan Kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sei Tatas 

pada kenyataannya masih di anggap Sebagian kecil masyarakat pelayanan yang 

diberikan masih belum optimal, terutama pelayanan yang menyangkut pelayanan 

administrasi dan pelayanan obat-obatan.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan tipe 

penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dalam 

memperoleh informasi atau data-data dilakukan wawancara dengan Kepala 

Puskesmas Sei Tatas Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas, petugas 

Puskesmas Sei Tatas 5 orang, masyarakat yang datang untuk mendapatkan 

pelayanan Kesehatan 12 orang : (a) observasi, (b) wawancara, (c) dokumenatsi. 

Selanjutnya data di analisis secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Kualitas Pelayanan di Puskesmas Sei Tatas 

Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas sudah cukup baik walaupun ada 

sebagian kecil masyarakat yang merasa belum terpuaskan sehingga perlu di 

upayakan semaksimal mungkin. Berdasarkan hasil wawancara bahwa pelayanan 

Kesehatan Puskesmas Sei Tatas kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas dengan 

berdasarkan tangibles, reliability, resvonsiveness, assurance serta empati, (2) 

factor yang mempengaruhi kualitas pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sei Tatas 

kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas yang ditemukan meliputi 3 faktor 

pendukug yakni (1) adanya motivasi pemimpin kepada bawahannya untuk bekerja 

rajin, (2) tingginya kesadaran melayani masyarakat, (3) pengalaman kerja. 

Sedangkan factor penghambat, yakni : (1) kurangnya pengetahuan pasien, (2) 

kurangnya kompetensi petugas dan (3) sarana dan prasarana.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Kesehatan Puskesmas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI