DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN UPT PUSKESMAS SEI TATAS KECAMATAN PULAU PETAK KABUPATEN KAPUAS KALIMANTAN TENGAH | |
PENGARANG | : | AINUN HABIBAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-13 |
ABSTRAK
Ainun Habibah. 1610411320002, 2016. Kualitas Pelayanan Kesehatan UPT
Puskesmas Sei Tatas Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas Provinsi
Kalimantan Tengah, Dibawah bimbingan M. Nur Iman Ridwan.
Permasalahan pelayanan Kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sei Tatas
pada kenyataannya masih di anggap Sebagian kecil masyarakat pelayanan yang
diberikan masih belum optimal, terutama pelayanan yang menyangkut pelayanan
administrasi dan pelayanan obat-obatan.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan tipe
penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dalam
memperoleh informasi atau data-data dilakukan wawancara dengan Kepala
Puskesmas Sei Tatas Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas, petugas
Puskesmas Sei Tatas 5 orang, masyarakat yang datang untuk mendapatkan
pelayanan Kesehatan 12 orang : (a) observasi, (b) wawancara, (c) dokumenatsi.
Selanjutnya data di analisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Kualitas Pelayanan di Puskesmas Sei Tatas
Kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas sudah cukup baik walaupun ada
sebagian kecil masyarakat yang merasa belum terpuaskan sehingga perlu di
upayakan semaksimal mungkin. Berdasarkan hasil wawancara bahwa pelayanan
Kesehatan Puskesmas Sei Tatas kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas dengan
berdasarkan tangibles, reliability, resvonsiveness, assurance serta empati, (2)
factor yang mempengaruhi kualitas pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sei Tatas
kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas yang ditemukan meliputi 3 faktor
pendukug yakni (1) adanya motivasi pemimpin kepada bawahannya untuk bekerja
rajin, (2) tingginya kesadaran melayani masyarakat, (3) pengalaman kerja.
Sedangkan factor penghambat, yakni : (1) kurangnya pengetahuan pasien, (2)
kurangnya kompetensi petugas dan (3) sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Kesehatan Puskesmas.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI