DIGITAL LIBRARY



JUDUL:
PENGARANG:BADARUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


ABSTRAK

Badarudin.(2021).MeningkatkanAktivitasDanMotivasiBelajarSiswa Menggunakan Model STANDAR Untuk Siswa Awkolah Dasar. Skripsi ProgramPendidikanGuruSekolahDasar,FakultasKeguruanDanIlmuPendidikan,UniversitasLambungMangkuratBanjarmasin.DosenPembimbing.Ari Hidayat, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas dan Motivasi Belajar, Muatan IPS, Student Team Achievement Division, Mind Mapping, Team Game Tournament.

Permasalahan penelitian ini adalah siswa tidak berperan aktif, siswa tidak berpikir kritis dan kurangnnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran siswa di kelas V SDN Anjir Pasar Kota 2 yang disebabkan karena siswa tidak melibatkan diri dalam pembelajaran, siswa tidak bekerjsama dengan siswa yang lain, siswa tidak menyimak pembelajaran dengan baik dan siswa kurang antusias dalam belajar dan Guru tidak menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa pada muatan IPS tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran STANDAR Student Team Achievement Division, Mind Mapping, Team Game Tournament.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdan kuantitatif denganjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan.Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Anjir Pasar Kota 2. Jumlah siswa8 orang pada semester II tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Data yang diambil merupakandata kualitatif dan kuantatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitassiswa,motivasidanhasilbelajarsiswayangdilaksanakanmelaluisetiappertemuan.Analisisdatadalampenelitianinimenggunakanteknikdeskriptifanalisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi denganpersentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan Imemperolehskor22dengankriteria“Baik”,meningkatpadapertemuanIIIdengan skor 36 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan Imencapai25%dengankriteria“kurang Aktif”meningkatpadapertemuanIII  menjadi100%dengankriteria“SangatAktif”.MotivasibelajarsiswapadapertemuanImencapai37,50%dengankriteria“ Cukup Tinggi”danmeningkatpadapertemuan III mencapai 87,50% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Untuk hasilbelajarsiswa padapertemuanI denganketuntasanklasikal62,50%meningkat  padapertemuanIIIdengan ketuntasan klasikal100%.

BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelSTANDARdapatmeningkatkankualitasaktivitasguru,aktivitassiswa,motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, gurudan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalammenggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, motivasidanhasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI