DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN RESILIENSI AKADEMIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PEER COUNSELING PADA SISWA KELAS VII SMP GLOBAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL BARITO KUALA
PENGARANG:FARAH NUR SABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


Farah Nur Sabila. 2021. Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Counseling pada Siswa Kelas VII SMP Global Islamic Boarding School Barito Kuala. Pembimbing: (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi, M.Pd, (II) Rizky Ildiyanita, M. Psi Psikolog.  

Kata Kunci : Resiliensi Akademik, Bimbingan Kelompok, Teknik Peer Counseling.   

Siswa yang memiliki resiliensi akademik yang tinggi akan memiliki keterampilan khusus yang ditujukan untuk penguatan diri mereka ketika siswa mengalami tekanan pada aspek akademik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keberhasilan dalam menggunakan teknik peer counseling melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan resiliensi akademik siswa di kelas VII di SMP Global Islamic Boarding School Barito Kuala. 

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengen menggunakan mix method dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun sampel diperoleh menggunakan purposive sampling dan didapatkan sampel kelas VII yang berjumlah 4 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan diantaranya: lembar observasi disertai rubrik, pedoman wawancara dan angket berbasis google form. 

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus, untuk aktivitas peneliti mencapai kategori “baik”, untuk aktivitas siswa mencapai kategori “aktif” serta hasil tindakan dari pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik peer counseling mencapai kategori “berhasil”. Dari penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan resiliensi akademik dalam layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik peer counseling.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI