DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ENERGI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL CTL, NHT, DAN POSTER COMMENT PADA KELAS IV SDN KARANG JAWA MUKA 2 HSS
PENGARANG:ARIF BUDI KUSUMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


ABSTRAK

Kusuma, Arif Budi. 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Energi Menggunakan Kombinasi Model CTL, NHT, Dan Poster Comment Pada Kelas IV SDN Karang Jawa Muka 2 HSS. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci      : Aktivitas Belajar, IPA, Contextual Teaching and Learning, Number Head Together, Poster Comment.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Energi. Penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran bersifat satu arah, siswa masih pasif dalam berdiskusi, kurangnya kerja sama antar siswa dalam berkelompok, kurangnya kegiatan yang melibatkan siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Number Head Together (NHT), dan Poster Comment.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Karang Jawa Muka 2 Hulu Sungai Selatan dengan jumlah 7 siswa. Data yang di ambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa 82% hampir seluruhnya aktif; dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 42.86%, pertemuan II mencapai 71.43%, dan pertemuan III mencapai 100%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Contextual Teaching and Learning (CTL), Number Head Together (NHT), dan Poster Comment dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pembelajaran IPA materi Sumber Daya Energi dikelas IV SDN Karang Jawa Muka 2 Hulu Sungai Selatan dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPA materi Sumber Daya Energi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI