DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Model TGT Dan Metode Reward Pada Siswa Kelas V SDN Bahaur Hulu 1
PENGARANG:SINTA WULANDARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


                                                                                              ABSTRAK

SINTA WULANDARI. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Model TGT dan Metode Reward. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unuversitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dessy Dwitalia sari, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: TGT dan Reward, Aktivitas, Hasil

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang bersifat satu arah, siswa kurang terlibat aktif, kurangnya inisiatif siswa dalam pembelajaran dan materi sulit dipahami. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran TGT dan metode reward. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, siswa, dan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas V SDN Bahaur Hulu 1 tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 13 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja siswa dan evaluasi. Analisis data pada kualitatif menggunakan analisis narasi.  

Hasil penelitian secara klasikal mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 26, pertemuan 2 memperoleh skor 33, pertemuan 3 skor meningkat menjadi 36, dan pertemuan 4 skor mencapai maksimal memperoleh skor 38 dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 hanya 53%, pertemuan 2 meningkat menjadi 69%, pertemuan 3 meningkat menjadi 85%, serta pertemuan 4 meningkat secara signifikan menjadi 100% dengan kualifikasi sangat aktif dan aktif. Sehingga berdampak juga pada hasil belajar siswa dimana awalnya rata-rata dibawah KKM dan sekarang sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 100 .

 Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa kombinasi model TGT dan metode reward berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan kombinasi model TGT dan metode reward dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI