DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME KUBUS MENGGUNAKAN MODEL INTAN KELAS V DI SDN LABAT MUARA BANJAR
PENGARANG:JONO RAHMAT MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


Maulana, Jono Rahmat. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Materi Volume Kubus Menggunakan Model Intan Kelas V Di SDN Labat Muara Banjar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Wahdah Refia Rafianti, S.Sn, M.Pd.

Kata Kunci: Matematika, Inkuiri Terbimbing, Team Games Tournament, Team Assisted Individually.

Permasalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan pada matematika materi Statistika sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena minimnya variasi pendekatan pembelajaran di kelas, materi yang sulit dipahami siswa dan keterlibatan siswa belum menyeluruh serta didominasi oleh siswa pandai. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model INTAN. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa mate pelajaran Matematika Materi Volume Kubus.

Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas SDN Labat Muara dengan jumlah 15 siswa, 7 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data dengan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes tertulis di akhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru apabila mencapai skor ≥ 22 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai ≥80% siswa berada pada kriteria Aktif dan Sangat Aktif, hasil belajar dianggap tuntas apabila secara klasikal mencapai ≥80% siswa memperoleh nilai ≥65.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan terakhir meningkat menjadi Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan terakhir berada pada kriteria Sangat Aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan terakhir terlihat mencapai ketuntasan secara klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model INTAN, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran matematika tentang matapelajaran Matematika di kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI