DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA SDN 1 ANJIR SERAPAT BARAT
PENGARANG:YUDANTI PAUNDRIA NEGARI PUSPA SERUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


 

Seruni,Yudanti.2021.“Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together Pada Siswa SDN 1 Anjir Serapat Barat”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning dan Numbered Head Together.

 

 

 

Permasalahan penelitian yaitu rendahnya aktivitas serta hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Anjir Serapat Barat yang disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat satu arah, kurang menekankan siswa dalam berpikir  kritis, Hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa melakukan percobaan, dan Guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Maka dari itu, diperlukan solusi seperti menerapkan kombinasi model Problem Based Learning dan Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar mengetahui peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar dalam proses pembelajaran materi Sumber Energi dengan menerapkan kombinasi pembelajaran PBL dan NHT di kelas IV SDN 1 Anjir Serapat Barat. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan sebanyak empat pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV semester genap SDN 1 Anjir Serapat Barat tahun 2020/2021 dengan jumlah di kelas sebanyak 6 orang.

 

Selanjutnya, Hasil penelitian ini menyatakan yaitu ketuntasan Aktivitas guru dalam pertemuan 1 kriteria baik, pertemuan 2 kriteria sangat baik, pertemuan 3 kriteria sangat baik, dan pertemuan 4 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 kriteria kurang aktif, pertemuan 2 Cukup Aktif, pertemuan 3 kriteria aktif, dan pertemuan 4 kriteria sangat aktif dan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 33,3%,  pertemuan 2 mencapai 50%,  pertemuan 3 mencapai 66,6% sedangkan pada pertemuan 4 mencapai 83,3%.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI