DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KOMBINASI TEAMS GAMES TOURNAMEN dan REWARD AND PUNISHMENT KELAS 5 SDN TAMBAN MUARA 2 BARITO KUALA
PENGARANG:RINI ARPIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


ABSTRAK

 

 

Arpiani, Rini. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penyajian Data  Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kombinasi Teams Games Tournament dan Reward and Punishment Kelas 5 Sdn Tamban Muara 2 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.

Dosen Pembimbing: Drs. Sutiyarso, M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar,  Problem Based Learning, Teams Games Tournament, Reward and Punishment.

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika di kelas 5 disebabkan karena rendahnya aktivitas siswa, serta siswa hanya mau bekerja sama dengan teman akrab saja. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kombinasi Teams Games Tournament, dan Reward and Punishment.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Tamban Muara 2 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang siswa. Data dianalisis secara kualitatif melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa dengan indikator keberhasilan aktivitas guru ≥ 28 (Sangat Baik) dan aktivitas siswa ≥63% (Sangat Aktif dan Aktif). Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan indikator keberhasilan secara klasikal ≥80%.

 

Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 aspek kognitif 50%meningkat pada pertemuan 4 aspek kognitif92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Teams Games Tournament, dan Reward and Punishment dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan hipotesis dapat dicapai sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, khususnya pada pembelajaran matematika materi penyajian data.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI