DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 1 BANJARMASIN
PENGARANG:KHALIDA RIZ QINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


Khalida Riz Qina, (1710111220010). 2021. Dampak Penggunaan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 13 Banjarmasin. Skripsi. (Pembimbing I : Heri Susanto, M.Pd dan Pembimbing II : Melisa Prawitasari, M.Pd).

Latar belakang penelitian ini di dasari oleh guru sebagai agen of change, guru dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi pendidikan, guna mempersiapkan potensi siswa untuk bersaing di abad 21 yang terdiri atas keterampilan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis serta keterampilan kreativitas dan inovatif, sehingga dalam kegiatan pembelajaran hendaknya guru menggunakan media yang optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini fokus terhadap aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran sejarah. Pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) sehingga penggunaan media Google Classroom menjadi intens diterapkan. Permasalahan yang muncul ketika pembelajaran dalam jaringan dilaksanakan menggunakan media Google Classroom adalah menurunnya keaktifan belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menghasilkan gambaran fakta mengenai dampak penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran sejarah terhadap keaktifan belajar siswa kelas XII IPS 1 SMAN 13 Banjarmasin. Teknik pemgumpulan data dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara dan studi dokumen.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Guru membuat perencanaan pembelajaran dengan memilih aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran sejarah dan menjalankannya dengan baik. Guru mengkordinasikan siswa terlebih dahulu serta memotivasi siswa siap mengikuti pelajaran, tetapi pada prosesnya masih ada siswa yang tidak berhadir ataupun terlambat dalam kegiatan pembelajaran (3) Dampak negatif yang dirasakan siswa dari penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran sejarah adalah timbulnya rasa jenuh dalam pembelajaran sehingga menurunkan keaktifan belajar siswa. (2) Dampak positif yang dirasakan siswa dari penggunaan media Google Classroom dalam pembelajaran sejarah adalah meningkatnya minat baca dan bertambahnya kemampuan menggunakan Iptek.

Kata kunci: Media Google Classroom, Keaktifan pembelajar sejarah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI