DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KREATIF DAN KOMUNIKATIF SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:THOMAS AGUSTINUS SALIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


Pada era revolusi industri 4.0 diperlukan empat kompetensi utama, yakni berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Kreatif dan komunikatif bisa dipandang sebagai suatu karakter yang melekat pada diri seseorang. Model pembelajaran Group investigation merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif di mana siswa dilatih untuk bekerjasama dengan anggota kelompoknya untuk memecahkan suatu masalah dengan kreatif dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan karakter kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin melalui penerapan model kooperatif tipe GI, (2) Mengembangkan karakter komunikatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin melalui penerapan model kooperatif tipe GI, (3) Memperbaiki hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin melalui penerapan model kooperatif tipe GI, dan (4) Menganalisis hubungan karakter kreatif dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin melalui penerapan model kooperatif tipe GI. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian time series sebanyak enam kali pertemuan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 4 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model GI dapat mengembangkan karakter kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin, (2) Penerapan model GI dapat mengembangkan karakter komunikatif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin, (3) Penerapan model GI dapat memperbaiki hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin, dan (4) Terdapat hubungan yang kuat antara karakter kreatif dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin.

 

Kata Kunci: model group investigation, karakter kreatif, karakter komunikatif, hasil belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI