DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS HASIL BELAJAR DARING AKUNTANSI SISWA KELAS XI D AKL DI SMKN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:JUNITA MAULIDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


Pembelajaran online merupakan salah satu alternatif solusi 

pelaksanaan pembelajaran selama pandemi Covid-19, meski memicu 

banyak permasalahan untuk guru, siswa, orang tua dan institusi pendidikan. 

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar daring akuntansi pada 

siswa kelas XI D AKL di SMKN 1 Banjarmasin pada semester ganjil tahun 

ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 

pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan cara 

purposive sampling, dengan populasi sebanyak 36 siswa. Teknik 

pengumpulan data yaitu triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model 

Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan belajar daring Akuntansi kelas XI D 

dapat dilihat dari berbagai aspek indikator hasil belajar dan beberapa kategori 

yaitu: aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik, dan kategori 

pengalaman, kategori pendapat, kategori perasaan, kategori pengetahuan, 

kategori berkaitan dengan panca indera, dan kategori latar belakang atau 

demografi. Secara keseluruhan hasil pembelajaran daring yang dirasakan 

siswa dan guru kurang maksimal. Keterbatasan pengetahuan mengenai 

teknologi membuat pembelajaran daring kurang menyenangkan dan 

kurangnya motivasi.

Hendaknya siswa mencari informasi diberbagai platform online agar

dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan bersemangat belajar meskipun 

guru tidak dapat melihat secara langsung. Guru memancing respon dari 

siswa agar dapat aktif dalam proses belajar dengan menjanjikan nilai 

tambahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI