DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS HASIL BELAJAR DARING AKUNTANSI SISWA KELAS XI D AKL DI SMKN 1 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | JUNITA MAULIDA SARI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-13 |
Pembelajaran online merupakan salah satu alternatif solusi
pelaksanaan pembelajaran selama pandemi Covid-19, meski memicu
banyak permasalahan untuk guru, siswa, orang tua dan institusi pendidikan.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar daring akuntansi pada
siswa kelas XI D AKL di SMKN 1 Banjarmasin pada semester ganjil tahun
ajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan cara
purposive sampling, dengan populasi sebanyak 36 siswa. Teknik
pengumpulan data yaitu triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model
Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan belajar daring Akuntansi kelas XI D
dapat dilihat dari berbagai aspek indikator hasil belajar dan beberapa kategori
yaitu: aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik, dan kategori
pengalaman, kategori pendapat, kategori perasaan, kategori pengetahuan,
kategori berkaitan dengan panca indera, dan kategori latar belakang atau
demografi. Secara keseluruhan hasil pembelajaran daring yang dirasakan
siswa dan guru kurang maksimal. Keterbatasan pengetahuan mengenai
teknologi membuat pembelajaran daring kurang menyenangkan dan
kurangnya motivasi.
Hendaknya siswa mencari informasi diberbagai platform online agar
dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan bersemangat belajar meskipun
guru tidak dapat melihat secara langsung. Guru memancing respon dari
siswa agar dapat aktif dalam proses belajar dengan menjanjikan nilai
tambahan.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI