DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL BINTANG
PENGARANG:NURUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-13


ABSTRAK

Nurunnisa. 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model BINTANG. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd.

  Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Keterampilan Membaca

             Pemahaman, Model BINTANG.

Budaya literasi merupakan suatu keharusan bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, tanpa keterampilan literasi di era ini seseorang akan tergilas oleh perkembangan zaman. Salah satu jenis literasi dasar yaitu membaca. Permasalahan ditemukan pada keterampilan membaca pemahaman dalam mencari kalimat utama suatu paragraf masih rendah di SDN Anjir Serapat Baru 1 Barito Kuala. Tahun ajaran 2020/2021 diperoleh data siswa dengan  KKM yang ditetapkan 70 jumlah siswa 10 orang, hanya 4 siswa (40%) yang mencapai nilai ≥70, selebihnya belum berhasil. Hal ini disebabkan siswa kurang kritis, aktif, penyajian materi yang kurang inovatif yang berdampak pada pembelajaran membosankan. Hal tersebut urgen diatasi karena berakibat pada keterampilan literasi yang rendah serta hasil belajar siswa tidak optimal, maka tidak dapat bersaing secara nasional dan global. Solusinya menggunakan model BINTANG dikombinasikan dari model Inkuiri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT) dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Anjir Serapat Baru 1 Barito Kuala.

Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan PTK dengan 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan tes hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Anjir Serapat Baru 1 Barito Kuala  dengan jumlah 10 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, observasi siswa, angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan deskriptive analysis dan cross tabulation analysis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 32-40 dengan persentase ≥82% kategori “Sangat Baik”, aktivitas siswa ≥82% termasuk kriteria “Sangat Aktif”, motivasi belajar siswa  ≥82% termasuk kriteria “Sangat Tinggi”, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80% kreteria “Sangat Baik”. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas guru meningkat mencapai skor 38 dengan persentase 100% kreteria “Sangat Baik”. 2) aktivitas siswa 100%  kreteria “Sangat Aktif” 3) motivasi belajar siswa 100% kreteria “Sangat Tinggi”, serta 4) hasil belajar siswa meningkat 100% dengan kreteria “Sangat Baik”. Dengan demikian model MOTIVASI dapat meningkatkan aktivitas guru, siswa, motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI