DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERTUMBUHAN DAN LAJU EKSPLOITASI IKAN SEPAT RAWA (trichogaster trichopterus) YANG TERTANGKAP DENGAN ALAT TANGKAP RENGGE DAN TEMPIRAI DI KECAMATAN MARTAPURA TIMUR
PENGARANG:I WAYAN KESUMAH SETIA WARDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


ABSTRAK

I Wayan Kesumah Setia Wardani(17107132220005), Program Studi Perikanan Tangkap. Pertumbuhan dan Laju Eksploitasi Ikan Sepat Rawa (Trichogaster trichopterus) Yang Tertangkap Dengan Alat Tangkap Rengge dan Tempirai Di Kecamatan Martapura Timur. Di bawah bimbinganEka Anto Supeni,sebagai Ketua Pembimbing danAulia Azhar Wahab, sebagai anggota pembimbing.

 

Masyarakat di Desa Melayu melakukan penangkapan ikan menggunakan alat tangkap Rengge, Lukah, Tempirai dan Hancau, dan terdapat beberapa jenis ikan salah satunya Ikan Sepat Rawa  (Trichogaster trichopterus). Tujuan penelitian adalah mengetahui konstruksi alat tangkap Rengge dan tempirai, mengetahui pertumbuhan (K) Ikan Sepat Rawa, menentukan nilai mortalitas alami (M), mortalitas total (Z) dan mortalitas akibat penangkapan (F), mengetahui laju eksploitasi (E) Ikan Sepat Rawa . Metode yang digunakan purposive sampling. Analisis data meliputi parameter pertumbuhan, mortalitas, dan laju eksploitasi. Hasil penelitian menunjukkan koefisienpertumbuhan (K) sebesar 1,00/tahun dan dugaan panjang asimtotik (L∞) Ikan Sepat Rawa  di perairan Rawa Desa Melayu Pematang adalah 12,70. Panjang rengge 10 m dan lebar 1-3 m, dengan mesh size 3 cm, diameter benang 0,3 mm. Tali ris atas dan bawah sepanjang 15 m ukuran diameter tali adalah 2,5 mm dengan bahan Polyethylene (PE). Pemberat besi berbentuk lingkaran berdiameter 1 cm dan berat 10 gram. Tempirai kawat dan bambu berukuran panjang 35 cm, tinggi 45 cm dan lebar 30 cm, mesh size kawat 1,5 cm. Pintu masuk dengan lebar bukaan mulut 2-3 cm. Pertumbuhan Ikan Sepat Rawa memiliki tipe pertumbuhan yang cepat dengan persamaan Lt = 12,70 (1-). Nilai etimasi umur (t?) = -0,7 dengan panjang asimtotik (L∞) = 12,70 cm dan nilai koefisien pertumbuhan K =1,00/tahun. Laju mortalitas total (Z) Ikan Sepat Rawa diperairan Rawa Desa Melayu Pematang sebesar 3,62/tahun dengan laju mortalitas alami (M) yaitu 2,267/tahun dan mortalitas akibat penangkapan (F) adalah 1,35/tahun. Laju eksploitasi (E) Ikan Sepat Rawa di perairan Rawa Desa Melayu Pematang sebesar 0,37/tahun termasuk kategori underfishing atau belum mencapai nilai optimum.

 

Kata Kunci: Pertumbuhan, Laju Eksploitasi, Sepat Rawa, Rengge, Tempirai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI