DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KERAGAAN ALAT TANGKAP DAN KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN RAWA KECAMATAN MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ANIKMAH PUTERI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


ABSTRAK

Anikmah Puteri (17107132220002), Program Studi Perikanan Tangkap. Keragaan Alat Tangkap dan Keanekaragaman Jenis Ikan Yang Tertangkap di Perairan Rawa Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar. Di bawah bimbingan Ir. Irhamsyah, M.Si. sebagai Ketua Pembimbing dan Siti Aminah, S.Pi., M.Si.  sebagai anggota pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keragaan alat tangkap yang digunakan untuk penangkapan ikan, mengetahui jenis - jenis ikan yang tertangkap, mengetahui Indeks Keanekaragaman, Indeks Keseragaman dan Indek Dominansi ikan yang tertangkap di perairan rawa Kecamatan Martapura Timur. Penelitian dilakukan dari bulan Maret – Juni 2021. Data primer diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan terdapat 17 jenis ikan dan 2 jenis lainnya. Alat tangkap yang digunakan untuk menangkap ikan di Perairan Rawa Kecamatan Martapura Timur ada 5 yaitu Rengge (Set Gill Net), Tempirai (Stage Trap), Lukah (Fish Pots), Sasuduk (Scoop Net), dan Lalangit (Horizontal Set Gill Net).Ikan yang didapat dari hasil tangkapan sebanyak 21 jenis yaitu Papuyu, Baung, Sepat Siam, Lampam, Adungan, dan lain-lain. Nilai keanekaragaman ikan di perairan rawa Kecamatan Martapura timur bernilai 1,99 yang tergolong dalam kriteria keanekaragaman sedang. Nilai keseragaman ikan yaitu 0,31 yang tergolong dalam kriteria populasi kecil. Nilai Indeks Dominansi bernilai 0,25 yang tergolong rendah, yang artinya tidak ada jenis ikan yang medominasi dan jenis ikan merata.

 

 

Kata Kunci: Alat Tangkap, Keanekaragaman, Keseragaman dan Dominansi Ikan 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI