DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKANKETERAMPILANMEMBACAPEMAHAMANDALAMMENENTUKAN GAGASANPOKOKMENGGUNAKANMODELSCRAMBLE,PICTUREANDPICTURE DANTALKINGSTICKKELAS5SDNPUNTUKTENGAHBARITOKUALA | |
PENGARANG | : | MISNAWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-14 |
ABSTRAK
Misnawati.2021.MeningkatkanKeterampilanMembacaPemahamandalam
MenentukanGagasanPokokMenggunakanModelScramble,Pictureand
PicturedanTalkingStickKelas5SDN PuntikTengahBaritoKuala.
SkripsiProgram S1PendidikanGuruSekolahDasar,FakltasKeguruan
danIlmuDr.Hj.Susilawatiy,M.Pd
Katakunci:KeterampilanMembacaPemahaman,MenentukanGagasanPokok,
Scramble,PictureandPicturedanTalkingStick.
Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarsiswakelas5
SDN PuntikTengahBaritoKualaterhadappembelajaranBahasaIndonesia,
masalah dalam penelitian iniadalah siswa kesulitan dalam menentukan
gagasanpokokpadaparagraf,siswabelummampumemahamiisibacaanyang
dibacanyadenganbaik,kurangberpikirkritisdalam memcahkanmasalah,dan
kurangketerlibatabsiswasecaraaktifdalam prosespembelajaran.Upayayang
digunakanadalahdenganmenggunakankombinasimodelpembelajaranModel
Scramble,PictureandPicturedanTalkingStick.
PenelitianinimerupakanpendekatankualitatifdenganjenisPenetian
TindakanKelas(PTK)yangdilaksanakanselamaduasiklus,setingpenelitian
dilakukandiSDNPuntikTengahBaritoKualapadasiswakelas5denganjumlah
siswa19orangpadatahunajaran2020/2021.Penelitiandilakukanpadamata
pelajaranBahasaIndonesiamateriMenentukanGaganPokok.Jenisdatayang
digunakanyaitudatakualitatifberupaobservasiaktivitasguru,aktivitassiswa
dalam kegiatanpembelajaransertadatakuantitatifberupahasilbelajarsiswa
yangdiperolehmelaluitestertulis.Analisisdatadihitungberdasarkanskala
persentasedanindikatorketuntasanbelajarkalisikalyangtelahditetapkan.
Hasilpenelitianmenunjukanbahawamenggunakankombinasimodel
pembelajaranModelScramble,PictureandPicturedanTalkingStick,diketahui
aktivitasgurupadapertemuanImemperolehdengankreteriabaik,pertemuanII
memperolehkreteriabaikdanpertemuanIIImemperolehkreteriasangatbaik.
AktivitassiswapadapertemuanImemperolehkreteriakurangaktif,pertemuan
IImemperolehkereteriaaktifdanpertemuanIIImemperolehkereteriasangat
aktif.HasilbelajarsiswapadapertemuanImemperolehpersentasekalsikal
58%,pertemuanIImemperolehpersentasekalisikal84% danpertemuanIII
memperolehpersentaseklasikal95%.
Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwakombinasimodel
pembelajaranModelScramble,PictureandPicturedanTalkingStick,dapat
meningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamuatanBahasaIndonesia
temalingkungansahabatkitapadakelas5SDNPuntikTengahdanhipotesis
dapatditeriama.PenggunaanmodelModelScramble,PictureandPicturedan
TalkingStickinidisarankansebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI