DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKANKETERAMPILANMEMBACAPEMAHAMANDALAMMENENTUKAN GAGASANPOKOKMENGGUNAKANMODELSCRAMBLE,PICTUREANDPICTURE DANTALKINGSTICKKELAS5SDNPUNTUKTENGAHBARITOKUALA
PENGARANG:MISNAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


ABSTRAK

Misnawati.2021.MeningkatkanKeterampilanMembacaPemahamandalam

MenentukanGagasanPokokMenggunakanModelScramble,Pictureand

PicturedanTalkingStickKelas5SDN PuntikTengahBaritoKuala.

SkripsiProgram S1PendidikanGuruSekolahDasar,FakltasKeguruan

danIlmuDr.Hj.Susilawatiy,M.Pd

Katakunci:KeterampilanMembacaPemahaman,MenentukanGagasanPokok,

Scramble,PictureandPicturedanTalkingStick.

Penelitianinidilatarbelakangiolehrendahnyahasilbelajarsiswakelas5

SDN PuntikTengahBaritoKualaterhadappembelajaranBahasaIndonesia,

masalah dalam penelitian iniadalah siswa kesulitan dalam menentukan

gagasanpokokpadaparagraf,siswabelummampumemahamiisibacaanyang

dibacanyadenganbaik,kurangberpikirkritisdalam memcahkanmasalah,dan

kurangketerlibatabsiswasecaraaktifdalam prosespembelajaran.Upayayang

digunakanadalahdenganmenggunakankombinasimodelpembelajaranModel

Scramble,PictureandPicturedanTalkingStick.

PenelitianinimerupakanpendekatankualitatifdenganjenisPenetian

TindakanKelas(PTK)yangdilaksanakanselamaduasiklus,setingpenelitian

dilakukandiSDNPuntikTengahBaritoKualapadasiswakelas5denganjumlah

siswa19orangpadatahunajaran2020/2021.Penelitiandilakukanpadamata

pelajaranBahasaIndonesiamateriMenentukanGaganPokok.Jenisdatayang

digunakanyaitudatakualitatifberupaobservasiaktivitasguru,aktivitassiswa

dalam kegiatanpembelajaransertadatakuantitatifberupahasilbelajarsiswa

yangdiperolehmelaluitestertulis.Analisisdatadihitungberdasarkanskala

persentasedanindikatorketuntasanbelajarkalisikalyangtelahditetapkan.

Hasilpenelitianmenunjukanbahawamenggunakankombinasimodel

pembelajaranModelScramble,PictureandPicturedanTalkingStick,diketahui

aktivitasgurupadapertemuanImemperolehdengankreteriabaik,pertemuanII

memperolehkreteriabaikdanpertemuanIIImemperolehkreteriasangatbaik.

AktivitassiswapadapertemuanImemperolehkreteriakurangaktif,pertemuan

IImemperolehkereteriaaktifdanpertemuanIIImemperolehkereteriasangat

aktif.HasilbelajarsiswapadapertemuanImemperolehpersentasekalsikal

58%,pertemuanIImemperolehpersentasekalisikal84% danpertemuanIII

memperolehpersentaseklasikal95%.

Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwakombinasimodel

pembelajaranModelScramble,PictureandPicturedanTalkingStick,dapat

meningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamuatanBahasaIndonesia

temalingkungansahabatkitapadakelas5SDNPuntikTengahdanhipotesis

dapatditeriama.PenggunaanmodelModelScramble,PictureandPicturedan

TalkingStickinidisarankansebagaisalahsatualternatifuntukmeningkatkan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI