DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERSEGI PANJANG DENGAN PROBLEM BASED LEARNING KOMBINASI NUMBERED HEAD TOGETHER DAN GEOBOARD DI KELAS 4 SDN 2 BENUA LAWAS TANAH LAUT
PENGARANG:RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


Abstrak

Mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning kombinasi Numbered Head Together dan Geoboard untuk menganalisis kenaikkan maupun peningkatan pada aspek hasil belajar siswa yang diterapkan pada materi persegi panjang menjadi tujuan utama sehingga diadakannya penelitian ini. SDN 2 Benua Lawas Tanah Laut menjadi tempat atau sekolah yang dipilih untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning kombinasi Numbered Head Together dan Geoboard dengan subjek penelitian yaitu para siswa yang berada dikelas 4 dengan total siswa sebanyak 8 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipilih sebagai jenis penelitian yang digunakan, disertai dengan teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan dan juga tes. Sehingga didapat berupa hasil analisis data yang diperoleh yakni terdapat kenaikan aktivitas belajar siswa yang mencapai 97,4% berada dalam kriteria hampir seluruhnya aktif. Adapun untuk hasil belajar diperoleh juga kenaikan, yakni pada siklus 1 awalnya hanya memperoleh ketuntasan sebanyak 50%, kemudian pada siklus II memperoleh ketuntasan sebanyak 87,5%. Jadi dapat simpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning kombinasi Numbered Head Together dan Geoboard pada pembelajaran matematika dengan dengan fokus materi persegi panjang. 

 

Kata kunci : Geoboard, Hasil Belajar, Persegi Panjang, Numbered Head Together, Problem Based Learning

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI