DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA ASPEK KEMAMPUAN MENULIS TEKS PENJELAS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION, THINK TALK WRITE, DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS 5 SDN SEMANGAT KARYA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


ABSTRAK

 

Muhammad Firdaus, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Ringkasan Teks Penjelas Pada Media Cetak Atau Elektronik Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW), Dan Snowball Throwing Untuk Siswa Kelas 5 SDN Semangat Karya Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata Kunci

: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW), dan Snowball Throwing

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, karena siswa masih kurang dalam memahami pelajaran bahasa  indonesia materi meringkas dan menyajikan teks penjelas(eksplanasi), siswa pasif pada saat pembelajaran, dan kurang percaya diri dalam menuangkan gagasan/idenya, siswa juga cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan nilai hasil belajar siswa tidak memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui kombinasi model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW), dan Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Semangat Karya tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 10 orang yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kulitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui, teknik pengukuran dengan  tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I, mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 20%, pertemuan II mencapai 40%, pertemuan III mencapai 70%, dan pertemuan IV mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran melalui kombinasi model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), Think Talk Write (TTW), dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema 6 materi “Meringkas dan Menyajikan Kalimat Eksplanasi Pada media Cetak Atau Elektronik” di kelas V SDN Semangat Karya Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI