DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI APROKSIMASI MENGGUNAKAN MODEL INSTRUCTION, INTELLECTUALLY, DAN THROWING DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:AULIA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


 

Azizah, Aulia. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Aproksimasi Menggunakan Model Instruction, Intellectually, dan Throwing di Sekolah Dasar Kabupaten Barito Kuala”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aproksimasi, Direct Instruction, Auditory Intellectually Repetition (AIR)  dan Snowball Throwing.          

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik tidak menguasai materi ajar, peserta didik belum bisa berpikir krtitis, peserta didik belum cakap berbahasa dengan baik, dan peserta didik pasif dalam kegiatan belajar. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Direct Instruction kombinasi Auditory Intellectually Repetition (AIR)  dan Snowball Throwing dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas pendidik, mendeskripsikan aktivitas peserta didik, dan menganalisis hasil belajar peserta didik pada materi aproksimasi di kelas IV SDN Sumber Rahayu Barito Kuala.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian adalah peserta didik kelas IV semester genap SDN Sumber Rahayu Barito Kuala tahun pelajaran 2020/2021, dengan jumlah peserta didik sebanyak  12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik dan peserta didik. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar peserta didik melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 58%, pertemuan 2 mencapai 75%, dan pertemuan 3 mencapai 92%.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Direct Instruction kombinasi Auditory Intellectually Repetition (AIR)  dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi aproksimasi di kelas IV SDN Sumber Rahayu Barito Kuala. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, meningkatkan aktivitas peserta didik, serta meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar masing-masing.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI