DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME LIMAS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DIKOMBINASIKAN DENGAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V SDN TELUK TIRAM V BANJARMASIN
PENGARANG:SITI KHUSNUL KHOTIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


Khusnul Khotimah, Siti. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Limas Menggunakan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Dikombinsikan Dengan Group Investigation Pada Siswa Kelas V SDN Teluk iram 5 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sutiyarso, M.Pd.

 

Kata kunci: Hasil Belajar, Materi Volume Limas, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Group Investigation (GI).

 

 Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang mampu dalam menerapkan pengetsahuannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga menyebabkan kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran secara langsung, proses pembelajaran kurang menarik atau menyenangkan,kurangnya kebermaknaan dalam belajar, serta kurang kontekstual, kurang terbiasanya siswa dalam dengan pembelajaran yang menekankan pada sikap serta berpikir ilmiah, kegiatan pembelajaran masih terpaku pada buku. Kondisi ini terjadi karena cara belajar yang digunakan kurang variatif dan kurang menarik minat siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu melalui model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan model Group Investigation (GI). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hhasil belajar.

Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Teluk Tiram 5 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021 mata pelajaran Matematika materi Volume Limas, dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes tertulis secara individu. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik berikut interpretasinya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kriteria sangat baik dengan skor 36 pada pertemuan IV. Aktivitas siswa dinyatakan berhasil secara klasikal sebesar 85% dengan kategori sangat aktif pada pertemuan IV. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa secara klasikal memperoleh angka sebesar 100%.

Berdasarkan temuan ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan model Group Investigation (GI) membuat aktivitas guru berjalan dengan lancar sertadapat meningkatkan aktivitas belajar siswa beserta hasil belajarnya pada mata pelajaran Matematika materi Volume Limas. Disarankan agar penggunaan model tersbut sebagai salah satu dari alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru maupun aktivitas siswa yang berimplikasi pada hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI