DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PEMAHAMAN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 BANJARMASIN TENTANG GERAK DAN HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST WITH CRI
PENGARANG:SYEKSIANA PUTRI SETIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


Pemahaman konsep merupakan kemampuan memahami dan menyusun hubungan antar suatu konsep dengan pemikirannya sendiri tanpa menyalahi konsep yang telah disepakati oleh para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman dan miskonsepsi serta penyebab miskonsepsi pada materi Gerak dan Hukum Newton dengan subjek penelitian 96 peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes diagnostik dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil tes diagnostik peserta didik kemudian dikategorikan berdasarkan level pemahaman konsep. Peserta didik dengan miskonsepsi level tinggi dilakukan wawancara untuk mengetahui penyebab miskonsepsinya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pemahaman konsep peserta didik masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 33,0 dengan deviasi standar 18,34. Temuan miskonsepsi sebesar 32,74% digolongkan dalam kategori sedang. Adapun penyebab miskonsepsi disebabkan dari dalam diri peserta didik yaitu prakonsepsi yang salah dan dari luar yaitu metode mengajar dan sumber belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI