DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
PENGARANG:NI GUSTI AYU PUTU WARDANI BORU NAIBAHO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman dalam menginterpretasikan beberapa variabel yang saling berkaitan sehingga terbentuk pemahaman baru yang tidak sesuai dengan pemahaman para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep Fisika usaha dan energi pada peserta didik kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Banjarmasin dan mendeskripsikan penyebab miskonsepsi Fisika topik usaha dan energi pada peserta didik kelas X Multimedia SMK Negeri 2 Banjarmasin. Dimana subjek penelitian ini berjumlah 73 peserta didik dengan menggunakan tes diagnostik tiga tingkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes diagnostik yaitu Three Tier Diagnostik Test dimana tes ini berupa pilihan ganda yang disertai alasan dan tingkat keyakinan. Dari hasil jawaban peserta didik ini akan dikelompokkan berdasarkan kategori pemahaman konsep peserta didik, dimana yang memiliki miskonsepsi paling besar akan dilakukan wawancara untuk mengetahui penyebab dari miskonsepsi tersebut. Sehingga diperoleh hasil yaitu, pemahaman konsep peserta didik dengan skor perolehan rata-rata 25,14 dalam kategori kurang, dengan deviasi standar sebesar 13,51. Sedangkan miskonsepsi yang terjadi pada penelitian ini sebesar 37,67% yang tergolong dalam kategori sedang. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik berasal dari dalam diri peserta didik yang keliru dengan konsepsi awal yang dimilikinya dan dari luar diri peserta didik yaitu seperti tenaga pendidik dan sumber belajar. Diharapkan para guru dapat melakukan analisis konsepsi awal pada peserta didik agar miskonsepsi dapat ditangani lebih awal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI