DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, THINK TALK WRITE, DAN TALKING STICK SISWA KELAS 4 SDN TINGGIRAN BARU 3 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ERSYAH SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


ABSTRAK

 

Ersyah Safitri (2021) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada tema daerah tempat tinggalkumuatan ipsmenggunakan kombinasi model group investigation, think talk write, dan talking stick  siswa kelas 4 SDN Tinggiran Baru 3 Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

 

Kata  Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Group Investigation, Think Talk Write, Talking Stick.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa materi kegiatan ekonomi. Hal tersebut disebabkan penyebab pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran menggunakan metode konvensional, pembelajaran tidak menggunakan model yang bervariatif. Upaya mengatasi permasalahan dengan menerapkan model Group Investigation, Think Talk Write, dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa

.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDNTinggiran Baru 3, yang berjumlah 13 orang siswa terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 21 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan III dengan skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 23,08% dengan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan III menjadi 92,30% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 53,85% meningkat pada pertemuan III dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation, Think Talk Write dan Talking Stick dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI