DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, DIRECT INSTRUCTION, PROBING PROMPTING DAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA SISWA KELAS IV SDN 004 BALIKPAPAN BARAT
PENGARANG:DESY PUSPITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


Sari, Desy Puspita. 2021. Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar. Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Muatan PPKN menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Direct Instruction, Probing Prompting dan Media Permainan Monopoli Untuk siswa kelas IV SDN 004 Balikpapan Barat. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd.

Kata kunci: Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar, Model Kombinasi Group Investigation, Direct Instruction, Probing Prompting dan Media Permainan Monopoli.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM di kelas IV SD 004 Balikpapan Barat. Hal ini dikarenakan siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan kurangnya media pendukung pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan kombinasi Model Group Investigation, Direct Instruction, Probing Prompting, dan Media Permainan Monopoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 6 siswa semester genap di SDN 004 Balikpapan Barat tahun pelajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan pertama memenuhi kriteria cukup baik, pertemuan kedua mencapai kriteria baik, pertemuan ketiga mencapai kriteria baik dan pertemuan keempat mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai kriteria kurang aktif, pada pertemuan kedua kriteria cukup aktif, pertemuan ketiga dan pertemuan terakhir mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan pertama hasil belajar ketuntasan klasikal siswa adalah 33%, pada pertemuan kedua hasil belajar ketuntasan klasikal siswa yaitu 50%, pada pertemuan ketiga hasil belajar ketuntasan klasikal siswa adalah 67%, pada pertemuan keempat hasil belajar ketuntasan klasikal siswa adalah sebesar 83%.

Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Media Group Investigation, Direct Instruction, Probing Prompting, dan Permainan Monopoli yang diterapkan pada mata pelajaran PPKN Tema Indah Keberagaman di Negeriku dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 004 Balikpapan Barat”. Penggunaan model ini disarankan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI