DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTENS DI KELAS IV SDN 1 ANJIR SERAPAT TIMUR
PENGARANG:WAHYU NANDA WARDANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-14


Wardana, Wahyu Nanda. 2021. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil BelajarSiswa Muatan IPA Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Intens Di Kelas IV SDN 1 Anjir Serapat Timur. Skripsi S1 Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Faskultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Suhaimi, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing Auditory, Intellectualy, Repetition  (AIR), Snowball Throwing.

 

Permasalahan penelitian ini adalah siswa tidak mampu berpikir kritis, siswa mengalami kesulitan mengemukakan pendapat, dan mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran pada muatan IPA tema Indahnya Keragaman dinegeriku kelas IV SDN 1 Anjir Serapat Timur. Hal ini disebabkan pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi, dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui model pembelajaran INTENS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 1 Anjir Serapat Timur tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 7 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui observasi aktivitas siswa dan guru data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan Teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabel dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 20 hingga 28. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 28,57% hingga 100% (klasikal). hasil belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 28,57% hingga 85,71% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran INTENS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang berdampak pada peningkatan aktivitas belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI