DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN SIKAP TOLERANSI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBER HEAD TOGETHER, DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS IV SDN 1 BINJAI PIRUA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:BAITI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-15


Baiti. 2021 “MeningkatkanAktivitas dan HasilBelajar Siswa Muatan PPKn Sikap Toleransi Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT), dan Word Square Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Binjai Pirua Kabupaten Hulu Sungai Tengah” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dra. Hj. Ike Hananik, M. Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Group Investigation, Number Head Together, Word Square.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif, kurang kreatif, dan kurang bekerja sama dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan ini disebabkan  oleh proses pembelajaran yang berlangsung satu arah, penyampaian materi pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran yang konkret, tidak menuntut siswa berpikir kritis, dan pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Number Head Together, dan Word Square. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa..

Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SDN 1 Binjai Pirua Kabupaten Hulu Sungai Tengah tahun ajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis data berupa frekuensis, persentase dan deskripsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Sangat Baik”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh kriteria “Aktif”, pertemuan 2 kriteria “Sangat Aktif”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 secara klasikal mencapai persentase ketuntasan sebesar 50%, pertemuan 2 mecapai 70%, dan pertemuan 3 mencapai presentasi ketuntasan 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Number Head Together, dan Word Squaredapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan kepada guru agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sikap toleransi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI