DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA MENGGUNAKAN MODEL EXAM PADA SISWA KELAS IV SDN TELAWANG 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MONA FITRIASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-15


 

Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar menggunakan model EXAM  yang terdiri dari model Experential Learning, Think Pair Share dan Mind Mapping.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan jumlah siswa 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini ialah data kualitatif serta kuantitatif Data kuantitatif diperoleh dengan mengamati aktivitas guru serta siswa serta ujian tertulis pribadi.. Hasil penelitian ini membuktikan jika aktvitas guru dari siklus 1 sampai 4 mengalami kenaikan. Aktivitas siswa mengalami kenaikan dari siklus 1 sampai siklus 4. Hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif serta psikomotorik mengalami kenaikan dari siklus 1 sampai siklus 4. Berdasarkan hasil penelitian bisa disimpulkan jika model yang dipakai untuk mempelajari muatan IPA materi gaya menggunakanExamdapat meningkatkan dari segi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada kelas IV SDN Telawang 1 Banjarmasin.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI