DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK DALAM BERCERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PPTS DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B RA DATU ABULUNG BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | NURIL ALKINDI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-15 |
Perkembangan bahasa melaui bercerita berguna bagi anak diajarkan sejak dini. Akan tetapi,
perkembangan bahasa melalui bercerita di RA Datu Abulung masih rendah. Hal disebabkan
anak kurang terlibat aktif dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahasa anak dalam bercerita melalui Model Pembelajaran PPTS dengan
media papan pintar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui tes
dan observasi kepada siswa kelompok B RA Datu Abulung dengan jumlah 8 anak. Penelitian
dilaksanakan dalam 3x pertemuan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dalam
penelitian ini memperoleh hasil keterlaksanaan aktivitas guru pertemuan 1 hingga pertemuan
3 meningkat dari skor 16 hingga mendapat skor maksimal 28 kategori sangat baik. Aktvitas
anak di pertemuan 1 sampai pertemuan 3 juga mengalami perkembangan dari 61% hingga
98% dengan kategori sangat aktif. Sehingga mempengaruhi perkembangan aspek bahasa
anak dari 58,52% hingga mencapai 100%.
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa Anak, bercerita, Model Pembelajaran Picture and
Picture dan Talking Stick, media Papan Pintar.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI