DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK DALAM BERCERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PPTS DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR PADA ANAK KELOMPOK B RA DATU ABULUNG BANJARMASIN
PENGARANG:NURIL ALKINDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-15


Perkembangan bahasa melaui bercerita berguna bagi anak diajarkan sejak dini. Akan tetapi,

perkembangan bahasa melalui bercerita di RA Datu Abulung masih rendah. Hal disebabkan

anak kurang terlibat aktif dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk

mengembangkan bahasa anak dalam bercerita melalui Model Pembelajaran PPTS dengan

media papan pintar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan

kualitatif dan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui tes

dan observasi kepada siswa kelompok B RA Datu Abulung dengan jumlah 8 anak. Penelitian

dilaksanakan dalam 3x pertemuan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dalam

penelitian ini memperoleh hasil keterlaksanaan aktivitas guru pertemuan 1 hingga pertemuan

3 meningkat dari skor 16 hingga mendapat skor maksimal 28 kategori sangat baik. Aktvitas

anak di pertemuan 1 sampai pertemuan 3 juga mengalami perkembangan dari 61% hingga

98% dengan kategori sangat aktif. Sehingga mempengaruhi perkembangan aspek bahasa

anak dari 58,52% hingga mencapai 100%.

Kata Kunci: Perkembangan Bahasa Anak, bercerita, Model Pembelajaran Picture and

Picture dan Talking Stick, media Papan Pintar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI