DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPA MELALUI KOMBINASI MODEL BELI LELE PADA SISWA KELAS IV SDN MURUNG SARI 4 AMUNTAI
PENGARANG:LIA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-15


Lia Safitri, 2021 Meningkatkan Kreatifitas Belajar Siswa Muatan IPA Melalui Kombinasi Model Beli Lele Pada Siswa Kelas IV SDN Murung Sari 4. Skripsi Program S1  Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing :  Akhmad Riandy Agusta, M.Pd

 

Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Number Head Together, Problem Based Learning and Example Non Example.

 

Pada hasil observasi wawancara dengan guru pendamping dari sikap Psikomotorik siswa belum mampu mencapai target yang diharapkan, keaktifan siswa belum muncul dalam pembelajaran lalu. Sedangkan dari sikap kognitif siswa bisa dikatakan banyak yang belum tuntas mencapai KKM (70) nilai yang sudah ditentukan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka altematif model pembelajaran yang dipilih yaitu model pembelajaran Number Head Together (NHT), Problem Based Learning (PBL) , dan Example Non Example.

Jenis penelitian yang akan di gunakan adalah PTK (PenelianTindakan Kelas) yang dilaksanakann terdiri atas 3 pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Murung Sari 4 Amuntai kalimatan selatan. Adapun subyek penelitian pada kelas IV yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari laki-laki 15 orang dan perempuan 14 orang penelitian ini dilakukan pada semeter 2 tahun 2021/2022.

Hasil belajar siswa dalam penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kreteria baik, pertemuan II kreteria baik dan pertemuan III kreteria sangat baik, aktivitas siswa pertemuan I mencapai kreteria cukup aktif, pertemuan II kreteria aktif dan pertemuan III kreteria sangat aktif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya baik pada pertemuan 1 sampai pertemuan 3 sehingga mencapai ketuntasan secara klasikal yakni ≥80% siswa mendapat nilai ≥70. Pada aspek koognitif pertemuan 1 memperoleh 66% pada kreteria tuntas, pada petemuan 2 memperoleh 69%  siswa pada kreteria tuntas, pada pertemuan 3 meningkat memperoleh 82,7% siswa kreteria tuntas.

Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN Murung Sari 4 Amuntai , penggunaan kombinasi model pembelajaran Beli Lele (Number Head Together, Problem Based Learning, dan Example Non Example) pada kelas IV SDN Murung Sari 4 Amuntai dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman negeriku muatan IPA materi gaya listrik statis dan dinamis dapat terlaksana dengan baik pada setiap pertemuan dan mencapai indikator ketuntasan baik individu maupun secara klasikal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI