DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, JIGSAW, DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS 3 SDN JELAPAT 1 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MIYA AUDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-15


 

 

Audina, Miya. 2021 “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Somposition, Jigsaw, Dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas 3 SDN Jelapat 1 Kabupaten Barito Kuala”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

 

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading And Somposition, Jigsaw, Course Review  .

 

 

Permasalahan yang ditemukan di lapangan tentang kurang berkembangnya kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dan masih terdapat beberapa permasalahan pembelajaran yang mengakibatkan masih ada beberapa siswa yang hasil belajarnya belum memenuhi kkm. Hal ini disebabkan karena minimnya variasi pendekatan pembelajaran di kelas, materi yang sulit dipahami siswa dan keterlibatan siswa belum menyeluruh serta didominasi oleh siswa pandai.

 

Oleh karena itu, maka diperlukan sebuah solusi yang dapat membantu dalam menciptakan pembelajaran efektif. Yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif  Integrated Reading And Composition (CIRC), maka siswa dapat memahami bahan bacaan secara lebih mendalam lalu model ini dikombinasi dengan model Jigsaw dan Course Review Horay yang memicu kemandirian siswa sehingga aktif belajar.

 

Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas 3 SDN Jelapat 1, dengan  siswa yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 7 orang siswa Perempuan dan 4 orang siswa laki-laki. Teknik pengambilan data dengan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes tertulis di akhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru apabila mencapai skor ≥22 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa apabila secara klasikal mencapai ≥80% siswa berada pada kriteria Aktif , hasil belajar dianggap tuntas apabila secara klasikal mencapai ≥80% siswa memperoleh nilai ≥70.

 

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus terakhir meningkat menjadi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus terakhir berada pada kriteria sangat aktif. ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus terakhir terlihat mencapai ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperatif  Integrated Reading And Composition (CIRC), Jigsaw dan Course Review Horay sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang tema7  “Perkembangan Teknologi” di kelas 3 untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI