DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), ROLE PLAYING, DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN 5 MENDAWAI PANGKALAN BUN
PENGARANG:LISKA NOVITAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-21


 

Novitawati, Liska. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Cita-Citaku Muatan PPKN Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Role Playing dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Mendawai. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH. M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Cita-Citaku, Kombinasi, Group Investigation (GI), Role Playing, Teams Games Tournament (TGT).

 

 

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang melibatkan diri secara aktif dalam proses pembelajaran, hanya menerima informasi, pembelajaran kurang bermakna dan kurang terbiasa belajar kelompok. Sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 5 Mendawai muatan PPKN. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas belajar yaitu melalui kombinasi model Group Investigation (GI), Role Playing dan Teams Games Tournament (TGT).

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN 5 Mendawai tahun pelajaran 2020/2021, jumlah siswa sebanyak 8 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria "Baik”, pertemuan II mencapai kriteria “Sangat Baik”, pertemuan III mencapai kriteria “Sangat Baik”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria “Kurang Aktif”, pertemuan II mencapai kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan III mencapai kriteria “Aktif”, dan pertemuan IV mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 25%, pertemuan II mencapai 50%, pertemuan III mencapai 75%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation (GI), Role Playing dan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Dapat disarankan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, khususnya pada mata pelajaran PPKN.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI