DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL MIMPI NAGET SERAY PADA SISWA KELAS IV SDN WAWARAN | |
PENGARANG | : | RIZALI RAHMAT | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-09-21 |
Rahmat, Rizali. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Tema
8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Mimpi Naget Seray
Pada Kelas IV SDN Wawaran. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.
Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Mind Mapping, Numbered Together,Course
Review Horay.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dalam
pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan
oleh kurang antusias siswa terhadap pembelajaran dan kurangnya tingkat pemahaman
siswa. Sehingga upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu
menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT) Dan
Course Review Horay (CRH) (Mimpi Naget Seray). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan dan menganalisis Aktivitas Guru, aktivitas siswa, dan untuk
meningkatkan hasil belajar Siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kela IV semester
genap SDN Wawaran tahun pelajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini adalah
data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan
siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara
individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan
tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase yang dihitung
berdasarkan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai
kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria
sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II
mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan
klasikal hasil belajar pada pertemua I mencapai 33%, pertemuan II mencapai 53%, dan
pertemuan III mencapai 86%.
Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Mimpi Naget Seray
(Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT) Dan Course Review Horay (CRH))
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 8 Daerah Tempat
Tinggalku Muatan IPS di kelas IV SDN Wawaran dan hipotesis dapat diterima.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI