DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL MIMPI NAGET SERAY PADA SISWA KELAS IV SDN WAWARAN
PENGARANG:RIZALI RAHMAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-21


Rahmat, Rizali. 2021. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Tema 

8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi Model Mimpi Naget Seray

Pada Kelas IV SDN Wawaran. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah 

Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. 

Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Mind Mapping, Numbered Together,Course 

Review Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dalam 

pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan 

oleh kurang antusias siswa terhadap pembelajaran dan kurangnya tingkat pemahaman 

siswa. Sehingga upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu 

menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT) Dan 

Course Review Horay (CRH) (Mimpi Naget Seray). Tujuan penelitian ini adalah untuk 

mendeskripsikan dan menganalisis Aktivitas Guru, aktivitas siswa, dan untuk 

meningkatkan hasil belajar Siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang 

dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kela IV semester 

genap SDN Wawaran tahun pelajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini adalah 

data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan 

siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara 

individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan 

tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase yang dihitung 

berdasarkan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 

kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria 

sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II 

mencapai kriteria aktif, dan pada pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan 

klasikal hasil belajar pada pertemua I mencapai 33%, pertemuan II mencapai 53%, dan 

pertemuan III mencapai 86%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Mimpi Naget Seray

(Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT) Dan Course Review Horay (CRH)) 

dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tema 8 Daerah Tempat 

Tinggalku Muatan IPS di kelas IV SDN Wawaran dan hipotesis dapat diterima. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI