DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PRINCE CHARMING PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI RANGAS
PENGARANG:MUHAMMAD MIFTAH THAIBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


ABSTRAK

Thaibi, Muhammad Miftah. 2021.Meningkatkan Aktivitas MotivasiDan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku Menggunakan Model PRINCE CHARMING (Prediction Guide, Contextual Teaching and Learning, Play Map and Think Pair Share) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Rangas. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci      : Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar dan Model PRINCE CHARMING.

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siwa terhadap muatan IPS pada materi keragaman yang ada di Indonesia pada siswa kelas IV SDN Sungai Rangas.  Penyebab dari masalah tersebut adalah Kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran PRINCE CHARMING.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, motivasi dan hasil belajar muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan model PRINCE CHARMING pada siswa kelas IV SDN Sungai Rangas.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Sungai Rangas yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstabel. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa dan motivasi dengan skor 26-32 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan sudah terlaksana dari skor 25 kriteria “Baik”,  menjadi skor 29 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 65% kriteria  “sebagian besar” dan meningkat pada pertemuan  4 menjadi 94% kriteria “hampir seluruhnya”. kemudian motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 65% kriteria “hampir seluruhnya” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 94% kriteria “hampir seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 65% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran PRINCE CHARMING dapat meningkatkan aktivitas siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini  dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran IPS khususnya Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI