DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN
PENGARANG:SHENDY MODE VIDIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-09-22


Shendy Mode Vidia, (1610111320010). 2020. Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Skripsi. (Pembimbing I : Dr.Herry Porda Nugroho Putro,M.Pd dan Pembimbing II : Heri Susanto.M.Pd)

Latar belakang penelitian ini adalah mengenai peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Implementasi kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi harus melibatkan semua komponen, komponen itu berupa sistem pendidikan.Permasalahan yang muncul ketika proses pembelajaran yaitu fokus siswa masih lemah pada saat proses pembelajaran, disebabkan karena adanya hambatan yang dialami siswa baik internal atau eksternal, serta peran guru pada proses pembelajaran masih lemah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana pemahaman dan peran guru dalam implementasi kurikulum 2013, apa saja faktor penghambat guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan mengenai peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Uji validitas datadigunakandengan teknik triangulasi dan triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Guru sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin pada dasarnya memahami kurikulum 2013, tetapi masih perlu banyak belajar agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, (2) Peran guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 7 Banjarmasin sudah sesuai dengan kurikulum 2013 yang berlaku meskipun ada beberapa penghambat yang terjadi selama proses belajar mengajar, (3) hambatan yang terjadi pada saat proses belajar mengajar kurangnya waktu mengajar dalam kelas dan sarana prasarana yang kurang memadai. Upaya yang dilakukan oleh guru oleh guru untuk mengatasi hambatan yang terjadi mengoptimalkan proses pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran yang efektif.

Kata Kunci : Peran Guru, Kurikulum 2013, dan Pembelajaran Sejarah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI